Rongga

Awal Dari Proses Pencarian Jati Diri

awal-dari-proses-pencarian-jati-diri

Siapakah diri kita?
Adalah suatu pertanyaan pada diri sendiri mengenai peran/eksistensi kita dalam kehidupan di masyarakat. Dalam memahami hal tersebut bukanlah hal yang sepele, jelas begitu banyak hal-hal yang yang harus dilalui, bahkan memerlukan perenungan dan segala macam motif pertimbangan dalam menjalankan ketegasan pilihan dalam menentukan jalan hidup.

Seorang pelukis.
Kali ini bagimana saya mengutarakan  tentang pendapat pribadi menyangkut pemilihan  judul sebagai inti dari tujuan penulisan, apa yang melatar belakangi untuk membuat catatan tentang hidup yang saya jalani hingga sekarang ini yang masih dan tetap sebagai seorang yang berkecimpung dalam dunia seni  rupa katakanlah sebagai seorang pelukis. Alur kehidupan sungguhlah sangat mesteri bagi kita hanya Tuhan yang tahu. Terlepas dari hal tersebut kita pastilah dapat menarik benang merahnya untuk pedoman kuat untuk mengetahui potensi kita ke jalan selanjutnya sebagiai jawaban dari sebuah proses pencarian jati diri.

Dalam hal memilih atau menetapkan arah yang jelas memang dibutuhkan suatu keberanian, seperti saya lakukan terlepas dari apapun konsekuensi dari pilihan tersebut saya tetap harus yakini sebagi jalan terbaik. Sebagai orang yang berbekal keterampilan dalam teknik seni lukis terkadang masih ragu menyebut atu  mencetuskan diri sebagai seniman seni lukis, kenapa begitu? alasannya kita masih  memandang predikat sebagai pelukis masih tahap impian. Karena pikiran kita masih ada beban dalam memilih dari sekian banya propesi yang lain yang lebih menguntungkan dari segi finansial dan peluang kesejateraan hidup tentunya, ngertikankan maksud saya? Apakah hidup sebagai pelukis tidak menjanjikan seperti itu?... jawabnya tergantung kita, sejauh mana kita berusaha dalam menjalaninya, kata orang "hasil sangat jarang menghianati usaha" he he he... 

Awal dari niatan saya dalam menulis topik ini berawal tanpa sengaja menemukan sebuah karya lukisan di atas tegeletak dalam gudang. Ya ya..lukisan itu adalah lukisan yang pertama kali saya buat pada tahun 1993 silam, waktu pertama kali belajar di Fakultas Seni Rupa ISI Yogyakarta. Apa keistimewaan karya tersebut? Memang karya tersebut masih begitu polos tak ada menariknya sama sekali, baik dari segi warna maupun bentuk yang terkandung didalamnya, warna  kusam juga bentuknya juga  kurang jelas.Tapi, ada tetapinya juga lho...bagi saya karya ini adalah karya yang bersifat sangat inspratif, bagi kehidupan saya dalam berkesenian. Dan saya pikir karya jelek di atas adalah awal dari karya karya yang lainnya,dilihat dari  dari segi napas ataupun gendernya saya pikir, dan  data karya ini saya dapat hadirkan sebagi berikut.

Judul     : Terpuruk
Ukuran : 80cm x 80cm
Media   : Mixed Media (media campuran)
Tahun   : 1993

Dalam hal proses karya ini begitu panjang alias selalu ada perubahan hingga ketebalan cat sempat bikin pusing,ada perasaan yang tak pernah puas dan terus di revisi hinga ada unsur kayu, dan kertas masuk.
Dan paling radikalnya hingga kanvasnya sengaja terlubangi ha ha ha.... 

Nah itulah namanya proses dalam mencari apa yang diinginkan dalam berkarya hingga tahap-tahap klimaknya. Oleh sebab itu lukisan dengan judul "Terpuruk" merupakan karya yang memberi saya arti pemahaman diri ataupun seperti kaliamat "Awal Dari Proses Pencarian Jati Diri" dalam hal berkarya.

Kembali dari pembahasan sebelumnya bahwa sikap maupun ketegasan dari dalam diri untuk tidak ragu ragu lagi dalam melihat diri sebagai seorang pelukis tentulah musti dibarengi dengan cara pandang dan karakter diri dalam memahaminya, siapakah diri kita.. tugas yang harus dipikul ke depan  merupakan kesadaran dan tanggung jawab dalam menjalani kehidupan sebagai seorang pelukis. Bagi saya menjadi seorang pelukis yang seutuhnya tidaklah gampang seperti dibayangkan, perlu ketabahan serta keyakinan dari dalam diri.

Nah hanya segitu yang bisa saya sampaikan dalam tulisan ini semoga bisa membantu, jangan lupa tetap dan terus berkarya.

Related Posts

Wayan Danu Admin dalam kesehariannya sebagai seorang pekerja seni dan meluangkan waktu sedikit untuk belajar menulis.

Belum ada Komentar untuk " Awal Dari Proses Pencarian Jati Diri"

Posting Komentar