Rongga

Proses Kreativitas Dalam Seni lukis

proses-kreativitas-dalam-seni-lukis

Terciptanya sebuah karya seni tak lepas dari dua hal yaitu: proses pemikiran dan proses teknik. Penyatuan sebuah ide sebagai pokok pikiran dengan daya kreasi dalam hal teknik mutlak bisa dihadirkan dalam satu kesatuan bentuk dalam hal ini karya seni lukis yang akan kita bahas dalam kesempatan ini dengan judul: Proses Kreativitas Dalam Seni lukis

Proses pemikiran 
Proses pemikiran yang akan dipentaskan ke dalam media adalah point penting bagi eksitensi dari kehadiran suatu karya seni lukis. Dan apalah artinya kalau karya yang kita pentaskan ke khalayak umum sebegitu garing dan miskin akan nilai-nilai yang mau di tawarkan. Apakah mau kalau karya kita dianggap ataupun dicap karya soveniran maupun hapalan?...dan bukan dari usaha yang maksimal dalam memompa sebuah nilai-nilai yang baru. yang memang selalu dicari dalam pergulatan dalam masyarkat seni rupa yang saya ketahui dan rasakan selama ini.

Dalam proses yang satu ini, lebih ditekankan masalah pembendaharan ide/gagasan yang bisa didapatkan melalui sumber-sumber referensi ataupun membuka cakrawala wawasan dalam menggali sumber ide yang akan kita sematkan dalam karya seni. Contohnya gemar membaca, melihat acara pameran atupun browsing di internet. Langkah tersebut bukan untuk kita menjiplak ide orang lain, tapi untuk mencari pembanding dan mengolah nilai-nilai yang kita dapat kedalam kepribadian kita sendiri.

Ada pula dengan melakukan perenungan terhadap penomena-penomana di sekitar kita, seperti mengamati lebih dekat permasalahan yang terjadi baik di masyarakat ataupun di alam lingkungan, mencoba merangkai dan merangkum dalam benak kita dengan harapan nantinya bisa mencetuskan sebuah ide /pokok pikiran yang akan kita eksekusi pada sebuah bidang media.

Jadi dalam pengertian proses pemikiran ini saya rasa begitu banyaknya lahan yang bisa disusupi dalam menggali nilai-nilai sebuah ide dalam berkarya. Bukan hanya berpangku tangan hanya dengan melirik kiri dan kanan pada sumber referensi, berdasarkan motifasi dari sisi laku dipasaran yang harus dikejar dalam hal ini, Tapi semua orang punya caranya sendiri-sendiri, tergantung bagaimana kita  memahami makan sebuah proses itu sendiri. ada yang bilang semuanya bisa dan bebas memilih dan memilah dan kesemuanya itu sah-sah saja.

Proses teknik
Dalam proses teknik juga tak kalah pentingnya dalam hal ini, dimana usaha dalam penciptaan karya seni lukis tanpa dibarengi akan pengetahuan, kemampuan dalam upaya usaha-usaha kreatif dalam segi teknik maka kehadiran sebuah hasil ciptaan akan terlihat sebegitu lemahnya dalam memenuhi unsur karakter dari daya tarik, yang dapat saya ibartakan sebuah pembungkus atau kemasan dari sebuah produk pemikiran yang akan disampaikannya. Apalah artinya sebuah konsep yang sebegitu cemerlang tanpa bisa membalut dan mengejawatahkannya dengan baik kedalam  sebuah media, justru akan menghasilkan karya yang hanya mampu bisa bergumam sendiri dengan bantuan selembar narasi sebagi alat penterjemah akan maksudnya. Bahwa lukisan ini bercerita tentang ini ataupun itu dengan harapan pemirsanya dapat memahami maksud yang tekandung di dalamnya. Dan bukan sebuah karya yang bisa dengan mandiri dapat berkomunikasi dengan pikiran atupun rasa dari para penikmatnya.

Berbicara masalah yang terkait segi teknik ini yang sangat komplek dalam dunia seni rupa, tergantung pelakunya menerapkan gayanya masing-masing.Apakah lebih condong ke gaya yang itu ataupun ini. Apapun itu namanyayang terpenting mampu mengkemas dengan dengan baik dari ide yang mau dipaparkan.

"Proses Kreativitas Dalam Seni lukis" dalam artikel saya kali ini menekankan suatu proses  keseimbangan dari faktor-faktor yang telah saya uraikan diatas dapat menjadi pedoman untuk berkreativitas dalam seni lukis. Kedua point tersebut harus bisa melengkapi satu sama lainnya.

Demikinlah alur dari penjabaran dari peunulisan judul di atas, ini hanya menurut pandangan secara pribadi berdasarkan pengalaman diri saya sendiri, Maaf bila ada kekurangan yang harus di lengkapi sudilah kiranya memberi masukan, pada kolom komentar di bawah ini. Atas perhatian dan kunjungannya saya ucapkan terimakasih dan selamat berkarya.

Related Posts

Wayan Danu Admin dalam kesehariannya sebagai seorang pekerja seni dan meluangkan waktu sedikit untuk belajar menulis.

Belum ada Komentar untuk "Proses Kreativitas Dalam Seni lukis"

Posting Komentar